Beranda Sumsel Sehat Virus Corona dan Penyebarannya

Virus Corona dan Penyebarannya

327
Memakai masker sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona.(@hafsharydinoto)

Sumsel24.com – Sampai saat ini, kita masih berjuang melawan Pandemi Covid-19, terkait hal tersebut Dokter dan Public Figure Hafsha Rizki Yuliani MKes menyampaikan tentang Virus Corona dan Penyebarannya.

Penyakit virus Corona 2019 (Corona Virus Disease/COVID-19) sebuah nama baru yang diberikan oleh Wolrd Health Organization (WHO) bagi pasien dengan infeksi virus novel Corona 2019 yang pertama kali dilaporkan dari kota Wuhan, Cina pada akhir 2019.

Penyebaran terjadi secara cepat dan membuat ancaman pandemi baru.

Pada tanggal 10 Januari 2020, etiologi penyakit ini diketahui pasti yaitu termasuk dalam virus Ribonucleid Acid (RNA) yaitu virus corona jenis baru, betacorona virus dan satu kelompok dengan virus Corona penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS CoV).

Baca Juga :  Pentingnya 'Kelola Stress' dan 'Social Distancing' di Era Pandemi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengklasifikasikan menjadi Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pasien Terkonfirmasi bila didapatkan hasil RTPCR COVID-19 positif dengan gejala apapun.

Bahan pemeriksaan dapat berupa swab tenggorok, sputum dan bronchoalveolar lavage (BAL).

Penyebaran penyakit diketahui melalui droplet dan kontak dengan droplet.

Prognosis pasien sesuai derajat penyakit, derajat ringan berupa infeksi saluran napas atas umumnya prognosis baik, tetapi bila terdapat acute respiratory distress syndrome (ARDS) prognosis menjadi buruk terutama bila disertai komorbid, usia lanjut dan mempunyai riwayat penyakit paru sebelumnya, terang Dokter Hafsha.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ini Cara Mencegah Penularan Selesma

Penulis : dr. hafsha Rizki Yuliani M.Kes
Editor : Aldyo Wijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here