Beranda Berita Sumur Minyak Ilegal di MUBA Meledak, Kapolda Sumsel Turun Tangan

Sumur Minyak Ilegal di MUBA Meledak, Kapolda Sumsel Turun Tangan

732
Kolase. Sumsel24

Sumsel24.com – Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait telah mengambil tindakan cepat dengan membantu proses pemadam api agar tak menjalar ke pemukim warga.

“Itu langkah awal yang kita lakukan,” kata Toni ditemui di Mapolda, Selasa (12/10/2021)

Toni mengaku, pihaknya bakal mencari siapa orang yang paling bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

“Dan kita besok bersama pak gubernur, kami akan ada disana. Saya akan berbicara terkait persoalan ini,” katanya.

Toni juga menyebut, terkait kejadian ini butuh peran serta dari berbagai elemen untuk memutus mata rantai illegal drilling yang sudah banyak terjadi.

Baca Juga :  BPNB Sumbar dan Disbud Palembang Siap Berkolaborasi Dalam Even Kegiatan

“Sudah saya sampaikan bahwa pekerjaan ini tidak hanya dengan Polri saja, tapi seluruh stek holder. Kan ada budaya masyarakat yang juga harus diubah. Dalam artian, budaya itu maksudnya dengan ilegal drilling masyarakat beranggapan bisa mencari pekerjaan, nah pemikiran ini yang harus kita ubah,” katanya.

Menurutnya, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat. Harapannya, ilegal drilling tidak lagi terjadi.

“Seperti di daerah tersebut, ada pemanfaatan area lokasi. Itu kan daerah eukaliptus yang bagus untuk menghasilkan kayu putih . Mungkin kedepannya ada solusi bagi mereka. Misalnya ada pemanfaatan CSR dari perusahaan-perusahaan setempat, ada pekerjaan yang diberikan kepada masyarakat lokal. Dan yang terpenting ada rekonstruksi lagi di area-area yang sudah rusak sehingga kembali hijau. Ini yang kita rekomendasikan,” ucapnya.

Baca Juga :  Jabat Ketua DPD PKS Palembang, Ini Langkah Baharudin Untuk Memenangkan PKS Pada Pileg 2024

Dia berjanji bersama instansi terkait akan menindak tegas dan berkomitmen menuntaskan kasus ini.

“Sudah jadi komitmen kita untuk menghentikan ini. Tentunya kita akane bersama-sama  dengan pemerintah Sumsel dalam hal ini Forkopimda untuk menghadapinya,” jelasnya.(prm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here