Beranda Palembang Emas Darussalam Nama Wawako Palembang Dicatut Terkait Donasi Rumah Ibadah, Ratu Dewa Angkat Bicara

Nama Wawako Palembang Dicatut Terkait Donasi Rumah Ibadah, Ratu Dewa Angkat Bicara

279
Sekda Palembang, Ratu Dewa.(Ist)

Sumsel24.com Palembang – Sebuah tangkapan layar yang mencatut nama Wakil Walikota Palembang beredar di media sosial. Pemkot Palembang akan mengecek kepastian aku bodong tersebut dan akan membawa ke ramah hukum.

“Iya itu tidak benar, sumbangan ke rumah ibadah tidak ada dalam bentuk donasi, yang ada dalam bentuk hibah dan itu harus diajukan pengurus rumah ibadah tersebut setahun sebelumnya,” kata Sekda Pemkot palembang, Ratu Dewa, Rabu (29/9/2021).

Dalam waktu dekat, kata Dewa, Pemkot Palembang memang tidak ada agenda melaksanakan pemberian bantuan kepada rumah ibadah tersebut.

“Itu sebenarnya tidak ada, kita kalau untuk masjid musala (rumah ibadah) itu resmi, bentuknya hibah (bukan donasi),” kata Dewa.

Dewa juga menjelaskan mekanisme pemberian bantuan ke rumah ibadah dari Pemkot Palembang ada beberapa proses yang harus dilaksanakan.

“Proposalnya harus setahun sebelumnya disampaikan, dokumennya harus lengkap, pengurusnya, dan di verifikasi secara administrasi maupun verifikasi secara faktual ke lapangan betul, ditinjau masjidnya ada tidak, musalanya ada tidak. Tidak gegabah, tidak segampang itu,” jelasnya.

Dewa mengaku prihatin atas ulah orang tidak bertanggung jawab tersebut. Pemkot Palembang, kata dia, akan mengkroscek akun tersebut, apabila terbukti tentu dia akan membawa kasus ini ke ranah hukum

Baca Juga :  Walikota Larang Penggunaan Plastik Di Lingkungan Pemkot Palembang

“Kita prihatinlah dengan hal-hal yang demikian. Saya akan suruh Kominfo cek dulu apa akun yang bersangkutan, terus akan kita pelajari dulu dengan Bagian Hukum nanti baru kita ambil sikap dari Pemerintah Kota,” ungkap Dewa.

Sebelumnya, beredar sebuah tangkapan layar yang mencatut nama Wakil Walikota Palembang beredar di media sosial. Dalam percakapan itu, orang yang mengatasnamakan Fitrianti Agustinda mengaku mewakili Pemkot Palembang akan memberikan donasi ke rumah ibadah.

Dilihat, Rabu (29/9/20201), dalam percakapan di tangkapan layar itu, seseorang yang mengatasnamakan orang nomor dua di Palembang itu memulai percakapan yang ditujukan ke seorang pengurus masjid Al Farouk di Palembang.

Diawali dengan salam, selanjutnya kontak WhatsApp yang menggunakan foto Fitrianti Agustinda itu bertanya dan memastikan nomor tersebut adalah milik pengurus masjid yang dituju.

“Assalamu’alaikum wr wb. Maaf apa betul saat ini saya sedang terhubung dengan pengurus masjid AL FAROUK,” tulis akun palsu itu.

Setelah dijawab oleh pengurus masjid yang bersangkutan, kemudian akun palsu tersebut memperkenalkan diri sebagi Fitrianti Agustinda, Wakil Walikota Palembang. Dia menghubungi dengan tujuan hendak memberikan donasi dari Pemkot, yang ditujukan ke rumah ibadah di Palembang.

Baca Juga :  Walikota Palembang Bersama Kapolrestabes Tabes Palembang Sosialisasikan Perwali Nomor 27 Tahun 2020

“Perkenalkan saya ibu Fitrianti Agustinda mewakili dari pemkot palembang. Tujuan saya menghubungi saat ini terkait pembagian donasi dari pemkot palembang. Dan ditujukan ke rumah ibadah khususnya yang masuk wilayah Palembang,” terang akun tersebut.

Fitri yang mendapatkan tangkapan layar percakapan tersebut, merasa tidak terima dengan ulah yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu. Dia kemudian membagikan tangkapan layar itu di akun media sosial miliknya.

“Macem-macem bae wong mak ini hari (macam-macam saja orang sekarang ini) nak bebuat nganar njahatke (Mau berulah ngejelekin nama baik), Bahkan nipu atas namo kito (nama kita),” kata Fitri dalam unggahannya.

Dalam postingan itu, Fitri juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan jangan mudah percaya dengan sesuatu yang belum tahu kebenaran. Dia juga menyarankan untuk mencari tahu kebenaran terlebih dahulu apabila mendapat informasi.

“Tetep (tetap) waspada yo (ya) dulur-dulur. Jangan mudah percayo (percaya). Dan dalem (dalam) bentuk apopun (apapun) jangan lupo (lupa) cross check tentang kebenaran suatu hal,” tulis Fitri.

“Semoga kito (kita) selalu dalem (dalam) lindungan dan karunia Allah,” kata Fitri menutup tulisannya.(prm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here