BerandaOlahragaJelang PON XX Papua dan PORPROV 2021, KONI Sumsel Matangkan Persiapan

Jelang PON XX Papua dan PORPROV 2021, KONI Sumsel Matangkan Persiapan

141
Suparman Romans.

Sumsel24.com Palembang – Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX, dan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Tahun 2021, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus mematangkan persiapan.

Sekretaris Umum KONI Provinsi Sumatera Selatan Ir. Suparman Romans menyampaikan bahwa dalam menghadapi agenda penting tersebut KONI Sumatera Selatan telah mempersiapkan langkah-langkah maksimal untuk menggapai prestasi di Kancah Nasional tersebut.

“Melakukan pembinaan secara maksimal merupakan langkah awal dalam mempersiapkan atlet-atlet yang berprestasi. Selain itu kita telah melakukan koordinasi untuk melihat ,mendata dan mengevaluasi peluang-peluang dalam merebut berbagai medali emas,” ujarnya Jumat (29/01/2021).

Menghadapi PON Papua XX suparman mengatakan perlu adanya fokus terhadap pembinaan atlet serta gambaran yang matang sebagai peta kekuatan dalam menggapai prestasi olahraga tersebut.

“Kita boleh saja optimisme dan mempunyai semangat tekad, tapi juga kita harus realistis dengan peta kekuatan kita sendiri sudah masuk di level mana kita mampu bersaing dengan atlet-atlet di luar Sumatera Selatan terkhusus atlet-atlet yang berada di pulau jawa yang selama ini mendominasi kekuatan prestasi olahraga,”ungkapnya.

Baca Juga :  Kapolrestabes Palembang Kombes Irvan Satyaputra Dukung Penuh KONI Palembang Wujudkan Palembang Juara

Pada tahun 2004 merupakan puncak prestasi yang sangat membanggakan bagi Sumatera Selatan, tidak hanya menjadi tuan rumah dalam Event besar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional tersebut Provinsi Sumatera Selatan berhasil menduduki peringkat di lima besar.

Berjalan seiringnya waktu pencapaian prestasi tersebut secara grafis terus menerus menurun dan inilah menjadi tantangan baru pengurus KONI Sumsel agar prestasi gemilang tersebut mampu ditorehkan kembali

“Walaupun grafisnya terus menurun kita sebagai pengurus KONI Sumsel akan berupaya secara maksimal berjuang dan memperjuangkan yang namanya kepentingan atlet-atlet sehingga dapat meningkatkan kembali prestasi olahraga kita di kancah Nasional,”

Suparman menyampaikan bahwa Saat ini KONI Sumsel sedang mencari celah-celah dengan melihat kondisi yang bisa dimanfaatkan agar para atlet-atlet dapat berlatih secara maksimal.

Baca Juga :  Gemar Bersepeda, Ini Tips Bersepeda yang Baik dan Benar Menurut Adi Zahri

” Salah satunya ada atlet kita yang mengikuti pelatnas.Dengan mengikuti pelatnas di Jawa atlet kita dapat menjaga performanya supaya tetap ritme dan menjaga intensitas berlatih sehingga tingkat kompetitif mereka ini tetap terjaga dan sebagai acuan juga bahwa banyak sekali atlet-atlet yang menjadi tolok ukur pretasi ke Nasional,”ujarnya.

Agenda kedua, yang paling ditunggu-tunggu yakni pesta olahraga terbesar di tingkat provinsi yakni Porprov 2021 di OKU Raya.

“Seperti menghadapi porprov langkah pertama kita juga telah melakukan koordinasi dengan pengurus KONI di Tiga Kabupaten sebagai langkah menyamakan persepsi tentang cabor-cabor yang akan dipertandingkan selain itu pihak kita meninjau secara langsung keberbagai venue-venue dimana tempat berlangsungnya pertandingan,”

“Dalam porprov nanti ada 33 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di tiap kabupaten seperti di Oku Induk 13 cabor Oku Timur 10 Cabor dan Oku Selatan 10 Cabor,” pungkasnya.(ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here